skip to Main Content
Cara Buat Video Bokeh Museum Lewat Kamera Dan Aplikasi

Cara Buat Video Bokeh Museum Lewat Kamera dan Aplikasi

Untuk para pemula istilah bokeh mungkin terasa sedikit asing. Namun, bagi pecinta fotografi dan videografi, maka bokeh menjadi istilah yang begitu familiar. Foto dan video bokeh saat ini tengah menjadi hal yang difavoritkan banyak kalangan.

Lihat : https://merkbagus.id/bokeh/

video-bokeh-museum

Pengambilan gambar atau video dengan teknik dan komposisi ini pastinya akan mampu memberikan hasil akhir berkualitas. Teknik ini memang sering diterapkan di kamera DSLR maupun mirrorless. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang ada memungkinkan penggunaan teknik ini lewat smartphone.

Lihat : https://teknosentrik.com/video-bokeh/

Apa yang Dimaksud Bokeh?

Sebutan bokeh pada dasarnya memang diambil dari bahasa Jepang yang bermakna blur. Dengan demikian, bokeh dapat diartikan sebagai suatu teknik pengambilan gambar atau video dengan berfokus pada objek sementara bagian latar belakangnya dibuat kabur, blur atau tidak fokus.

Tidak hanya dipakai untuk menonjolkan objek utama saja dan menyamarkan latar belakangnya, bokeh juga penting untuk menghapus atau menghilangkan bagian mana saja yang tak penting. Bahkan bagian yang belum tentu bisa dihilangkan secara fisik dalam bentuk nyata.

Lihat :

https://rollingstone.co.id/bokeh-full-video/

https://daftarpaket.co.id/bokeh/

Dengan latar belakang yang mengabur tersebut, maka bagian yang sekiranya mengganggu tersebut bisa tidak akan terlihat lagi. Di samping itu, pengambilan gambar atau video dengan teknik bokeh juga bisa menambah nilai estetika. Wajar saja jika sampai saat ini banyak sekali yang belajar tentang teknik bokeh.

Bagaimana Cara Membuat Foto dan Video Bokeh?

Mungkin bagi pemula masih bertanya-tanya bagaimana cara membuat video maupun foto dengan teknik bokeh. Perlu diketahui bahwa menerapkan teknik bokeh lewat kamera DSLR maupun mirrorless sangat mudah dilakukan. Hanya saja perlu mencermati jarak objek dengan bagian lesan hingga aperturenya.

Lihat : https://www.dosenpendidikan.co.id/bokeh/

Jarak Objek dengan Bagian Lensa Kamera

Demi bisa membuat foto dan video dengan teknik bokeh yang bagus, maka pengguna perlu mencermati jarak objek dengan bagian lensa kamera. Dapat dikatakan bahwa titik fokus bagian lensa merupakan penentu tingkat kebokehan yang akan diperoleh pengguna.

Sebaiknya, untuk mendapatkan video maupun foto bokeh maka pengguna perlu mendekatkan objek yang hendak diambil dengan lensa kamera. Dijamin, pengguna akan mendapatkan hasil akhir yang begitu memuaskan.

Lihat : https://www.gurupendidikan.co.id/bokeh/

Jarak Latar Belakang Terhadap Titik Acuan Fokus

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika hendak menerapkan teknik bokeh ialah jarak antara latar belakang dengan titik acuan fokus. Kian jauh latar belakang yang diambil dari objek, maka pastinya akan kian kabur hasilnya.

Maka dari itu, pengguna perlu mencermati cara ini. Terlebih jika masih mengandalkan lensa bawaan. Mungkin akan terasa sedikit sulit. Namun, bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Pengguna tetap bisa mendapatkan hasil video dan foto bokeh sesuai harapan.

Lihat : https://memphisthemusical.com/bokeh/

Focal Lenght Lensa

Selain itu, hal lain yang perlu memperoleh perhatian khusus adalah focal lenght lensa. Ini merupakan jarak di dalam satuan milimeter di antara bagian tengah elemen optik lensa dengan sisi gambar pada lensa khusus sensor kamera.

Focal lenght lensa juga bisa disebut sebagai zoom yang dimiliki oleh bagian lensa. Demi bisa mendapatkan hasil bokeh terbaik, maka gunakan focus lenght yang panjang dari lensa. Jadi, semakin panjang focal lenght lensa maka semakin bagus pula hasil akhir yang diberikan.

Lihat : https://www.dulurtekno.co.id/bokeh-full/

Bukaan Lensa/Aperture

Tidak hanya jarak objek dengan bagian lensa kamera, jarak latar belakang dengan titik acuan fokus serta focal lenght lensa saja, akan tetapi bukaan lensa/aperture juga menjadi faktor penting penentu hasil bokeh terbaik dan berkualitas.

Nantinya kian besar lensa yang digunakan, maka akan semakin bagus pula hasil akhir yang diberikan. Dengan demikian, jangan ragu-ragu untuk menempatkan lensa tambahan bagi kamera. Untuk hasil yang bagus, mengapa tidak?

Lihat : https://officialjimbreuer.com/video-bokeh-museum/

Aplikasi Pendukung Foto dan Video Bokeh Museum di Smartphone

Selain menggunakan kamera DSLR dan mirrorless, untuk mendapatkan video atau foto bokeh juga bisa dilakukan lewat aplikasi. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut bisa diinstal langsung lewat Android dari Google Playstore. Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi pendukung teknik bokeh tersebut?

CK47 4K Video Recorder

CK47 4k Video Recorder merupakan aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat video maupun foto bokeh dengan perpaduan suara begitu pas. Aplikasi ringan ini juga mempunyai tampilan begitu sederhana sehingga membuat siapa saja bisa langsung menggunakannya dengan sangat praktis dan mudah.

Lihat : https://ngelag.com/video-bokeh-museum/

Penangkap gambar dan video ini juga mempunyai proses pengerjaan yang sangat rapih dan mendetail. Hal tersebut membuat hasil akhirnya menjadi sangat nyata. Bagusnya lagi, aplikasi ini juga mampu menghilangkan bising ketika proses pengeditan yang mana tidak akan ditemukan pada aplikasi lainnya.

NamaCK47 4K Video Recorder
PengembangDraekko
Versi
Perilisan13 November 2018
Pembaharuan
Unduhan+50
Penilaian4,2/5,0

Camera MX

Apakah ingin membuat video dengan konsep bokeh layaknya film-film di bioskop secara profesional? Tunggu apalagi? Langsung saja unduh Camera MX sekarang juga. Aplikasi ini pastinya akan membantu pengguna untuk mewujudkan pengambilan video secara apik dan berkelas. Fiturnya juga sangat lengkap.

Lihat : https://voi.co.id/bokeh/

Selain itu, pengguna aplikasi ini juga tidak perlu cemas tentang adanya efek goncangan yang ada saat proses perekaman video. Hal ini karena Camera MX sudah dilengkapi dengan fitur anti goncangan yang handal. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fast dan slow motion bagus.

NamaCamera MX
PengembangMAGIX
Versi4.7.200
Perilisan14 November 2011
Pembaharuan08 Oktober 2019
Unduhan+10.000.000
Penilaian4,3/5,0

Vintage Camera: VHS Camera, Retro Camera

Sebetulnya aplikasi ini akan membawa pengguna ke efek lama perekaman gambar. Namun beberapa fitur yang dimilikinya juga terbilang begitu mumpuni. Bahkan termasuk untuk mengambil video dengan teknik bokeh.

Lihat : https://pss-sleman.co.id/video-bokeh-museum/

Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini setidaknya mencapai lebih dari 100. Termasuk vintage, retro, monokrom, cinematic dan sebagainya. Pengguna juga bisa menyisipkan teks tertentu di dalam layar untuk hasil yang sangat memuaskan.

NamaVintage Camera: VHS Camera, Retro Camera
PengembangPics Art Photo Studio
Versi1.0
Perilisan03 Oktober 2020
Pembaharuan03 Oktober 2020
Unduhan+100
Penilaian4,3/5,0

Blur Video

Software lain yang bisa dipakai untuk menghasilkan video dengan teknik bokeh ialah Blur Video. Aplikasi ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para editor. Aplikasi buatan Alpha Project ini dijamin akan memberikan hasil akhir berkualitas dan pastinya jauh lebih bagus dibanding aplikasi serupa lainnya.

Lihat : https://pakdosen.co.id/video-bokeh/

Blur Video dilengkapi dengan berbagai macam fitur pilihan seperti free style blur, Instagram tanpa crop dan fun blur. Pengguna bisa bebas membagikan hasil video ke berbagai platform sosial media tanpa khawatir kualitasnya akan berkurang sedikit pun.

NamaBlur Video
PengembangAlpha Project
Versi2.2
Perilisan25 Agustus 2016
Pembaharuan26 September 2016
Unduhan+500.000
Penilaian3,7/5,0

Membuat video bokeh lewat kamera memang sangat mudah dilakukan. Selain itu, pengguna juga bisa membuatnya hanya dengan memanfaatkan kamera smartphone saja. pastinya hasil akhir tidak akan mengecewakan. Penasaran? Coba download sekarang juga!

Referensi :

https://www.ilmubahasainggris.com/bokeh/

https://www.kuliahbahasainggris.com/bokeh

https://hargaburung.id/video-bokeh-museum/

https://newsinfilm.com/bokeh/

https://butikjersey.co.id/video-bokeh-museum/

https://bobhenneman.info/video-bokeh-museum/

Back To Top