skip to Main Content
UAI Tingkatkan Mutu Melalui AMI

UAI tingkatkan mutu melalui AMI

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) selalu berupaya dalam meningkatkan kualitasnya dengan menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi seluruh prodi, Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan seluruh satuan pendukung pembelajaran.

Pada tahap Evaluasi SPMI, UAI melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) di bawah koordinasi BPM. Kegiatan ini merupakan kegiatan AMI periode ke-5, dan telah dilaksanakan sejak 23 Agustus hingga 9 September 2021 melalui daring, bergantian di tiap prodi, UPPS dan satuan pendukung.

Area standar yang dievaluasi adalah standar wajib SNPT (pembelajaran, penelitian dan PKM) yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti, ditambah dengan 5 standar tambahan dari UAI.

Dengan adanya sistem SPMI yang sudah dilaunching oleh BPM UAI pada tanggal 13 Juli 2021 lalu, sangat berpengaruh positif terhadap kelancaran kegiatan AMI khususnya pelaksanaan secara daring.

Sistem yang terkoneksi antar BPM, KKM, auditor dan para auditee sangat memudahkan dalam pengisian EMI, pemenuhan kelengkapan bukti pendukung dan proses pelaksanaan AMI sendiri (audit dokumen dan audit lapangan). Hasil AMI dapat langsung diketahui oleh auditee sehingga proses persetujuan dapat dilaksanakan lebih cepat. Saat ini, para auditor sedang bekerja keras dalam menyusun laporan AMI. Laporan tersebut akan menjadi rekomendasi yang akan disampaikan dalam Rapat Tinjauan Manajemen dalam rangka peningkatan mutu di UAI.

Kegiatan AMI akan terus dilakukan BPM UAI secara sistematis dan konsisten sebagai komitmen UAI untuk menjadi institusi pendidikan terpercaya yang selalu memperkuat budaya mutu yang telah berjalan selama ini. (std)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top